Haluan

Buruh adalah manusia yang menggunakan tenaga dan kemampuannya untuk mendapatkan balasan berupa pendapatan baik berupa uang maupun bentuk lain dari majikan. Sedangkan Kata, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring (Dalam Jaringan / Online) edisi III adalah, unsur bahasa yang diucapkan atau dituliskan yang merupakan perwujudan kesatuan perasaan dan pikiran yang dapat digunakan dalam berbahasa.

Foto Jurnalistik Terbaik Dunia

Foto Jurnalistik Terbaik Dunia

Tuesday, November 3, 2015

Wartawan Bersama Di, Anak, Serta Tirikan

Kalau judul berita ini tidak ada kocaknya Bro. Ini bukan wartawan atau editor-nya yang tidak teliti tapi lebih karena ketidaktahuan alias benar-benar tak paham tata bahasa.

Pada judul berita dituliskan "Putra Daerah Di Anak Tirikan, Salihi Perintah Disnaker Kroscek JRBM". Nah, ada salah penulisan pada kata "Di Anak Tirikan".


Tidak tepat kata "Di" ditulis terpisah, karena sifatnya bukan awalan yang menyatakan tempat. Begitu juga kata "Anak" dan "Tirikan" tidak bisa dipisah,

Serangkaian kata tersebut merupakan kata kerja pasif. Seharusnya kata "Di" serta "Anak" dan "Tirikan" harus ditulis serangkaian. Jadi, penulisan yang benar adalah "Dianaktirikan".

Nah, harusnya judul berita di atas ditulis, "Putra Daerah Dianaktirikan, Salihi Perintah Disnaker Kroscek JRBM". Eh, kata "Kroscek" bukannya bahasa inggris "Cross check"? Walah!

Banyak kata-kata serupa yang bakal berantakan kalau wartawannya masih gagal paham seperti kasus di atas. Contohnya “Dipertanggungjawabkan …” “Diperjualbelikan …” “Diperkarapidanakan …”, "Mengujicobakan ...", dan lain-lain.

No comments:

Post a Comment